Sabtu, 28 Maret 2015

Profil dan Biografi Walt Disney

Lebih dikenal sebagai Walt Disney, Walter Elias Disney adalah pria yang labih di Chicago, Illinois, USA pada 5 Desember 1901. Dia dikenal sebagai produser film, sutradara, animator hingga pengisi suara.

Dia dianggap sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh terhadap dunia hiburan pada abad ke-20. Bersama sang kakak, Roy O. Disney, keduanya mendirikan Walt Disney Productions. Kini, perusahaan yang dikenal sebagai The Walt Disney Company tersebut berhasil mendapat penghasilan sebesar $35 miliar setiap tahun.



Disney juga dikenal sebagai inovator dalam bidang animasi dan desain taman bermain. Bersama orang-orang kreatif dari studio animasinya, karakter seperti Micky Mouse dan Donald Duck muncul. Dia sendiri sudah dinominasikan sebanyak 59 kali di Academy Awards dan memenangkan 26 diantaranya. 7 Emmy Awards juga pernah dimenangkan oleh Walt Disney.

Di tahun 1925, Disney menikah dengan Lilian Bounds. Keduanya memiliki seorang putri bernama Diane Marie Disney yang lahir pada 18 Desember 1933. Keluarga Disney juga mengadopsi seorang anak yang diberinama Sharon Mae Disney.

Akhir 1966, Disney menjalani operasi leher karena cedera yang dideritanya sejak lama akibat bermain polo. Namun, justru dokter mendapati jika Disney mengidap tumor di paru-paru kirinya.

Saat Disney kembali ke rumah sakit untuk operasi, ternyata tumornya sudah menyebar dan dokter memberitahu jika peluang hidupnya hanya tersisa sekitar 6 bulan. 3 Minggu kemudian, Disney roboh di rumahnya namun berhasil diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit.

Setelah dirawat selama kurang lebih 15 hari, pada 15 Desember 1966, Disney meninggal dunia. Jenazahnya dikremasi pada 17 Desember 1966 dan abunya disimpn di Forest Lawn Memorial Park.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Profil dan Biografi Walt Disney

0 komentar:

Posting Komentar